Hijrah Indonesia Gelar Kampanye “No Hijab Day”


Dipelopori oleh Yasmine Mohammad , kampanye “No Hijab Day” digelar melalui media sosial. Kampanye hari tanpa hijab ini dirayakan setiap 1 Februari. “Meskipun Hijrah Indonesia tidak selalu sepakat dengan pandangan-pandangannya mengenai KeIslaman, tetapi kami memahami keresahannya dalam hal hijabisasi dan niqabisasi di seluruh Dunia Muslim”, kata Admin Fan Page Hijrah Indonesia di Facebook.

Hijrah Indonesia membuatkan laman acara “No Hijab Day” di media sosial terbesar di dunia tersebut.

Dalam penjelasan acara, Hijrah Indonesia menulis “Karena itulah, Hijrah Indonesia mengajak Anda para perempuan Indonesia baik Muslim maupun bukan Muslim untuk meramaikan #NoHijabDay dengan menayangkan foto foto Anda berbusana dengan nuansa Indonesia dengan memperlihatkan kepala Anda tanpa memakai hijab/jilbab/ niqab/cadar/ kerudung dan semacamnya di akun media sosial Anda, baik instagram, facebook, maupun twitter dan blog Anda dengan hashtag #NoHijabDay dan #FreeFromHijab pada 1 Februari 2020”.

Terkait
Tipu Daya Golbi di Kampanye “No Hijab Day”
Mengenal Komunitas Hijrah Indonesia, Penyelenggara “No Hijab Day”
“No Hijab Day”, Ajakan Setan Berbentuk Manusia
Tiba di Bacan, UBN Disambut Kesultanan dan KKSS
Adapun alasan diadakannya kampanye ini menurut Hijrah Indonesia adalah: (1) Hijabisasi baru marak tiga dekade terakhir; Niqabisasi marak satu dekade terakhir. (2) Tidak semua ulama, tarekat dan sarjana KeIslaman mendakwahkan dan bersetuju dengan hijabisasi maupun niqabisasi. Pandangan mengenai batasan aurat berbeda-beda. (3) Kita berdiam di rumah, berada di habitat, berkebutuhan, bekerja, dan atau memiliki fisik, yang kesemuanya berbeda-beda. (4) Kebutuhan vitamin D, terutama yang mendesak.

Hijrah Indonesia juga mengutip ayat-ayat Alquran, yaitu: Albaqarah 59, Almaidah 32, Ali Imran 24-25, Albaqarah 62, Almaidah 59, Albaqarah 9-13, Alhujurat 10-13, Albaqarah 80-81, Annisa 123-124, Almaidah 69, dan Alhajj 16-17.

Berbarengan dengan acara ini juga digelar sayembara Hari Tak Berjilbab, dengan syarat:

[1] Terbuka bagi seluruh Muslimah WNI di dalam negeri maupun di luar negeri yang berusia 15 tahun ke atas sampai usia 55 tahun (dihitung dari 28 Februari 2020).

[2] Memasang foto Anda berbusana dengan nuansa Indonesia dengan memperlihatkan kepala Anda tanpa memakai hijab/jilbab/ niqab/cadar/ kerudung dan semacamnya di akun media sosial Anda, baik instagram, facebook, maupun twitter dan blog Anda dengan hashtag #NoHijabDay dan #FreeFromHijab pada 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB s.d 2 Februari 2020 pukul 24.00 WIB.

[3] Memberi caption minimal 3 kalimat dan maksimal sebanyak-banyaknya mengenai mengapa Anda membuka jilbab Anda serta pengalaman / suka duka yang Anda alami ketika Anda harus membuka jilbab setelah berjilbab baik karena peraturan sekolah, kantor, tempat tinggal atau atas permintaan anggota keluarga, maupun karena tekanan masyarakat di sekitar Anda.

#FreeFromHijab pada 1 Februari 2020CLICK TO TWEET
[4] Sebelum tanggal 28 Februari 2020 pukul 24.00 WIB dengan cara salah satu dari opsi ini:

(a) mengirim screenshot tayangan tersebut melalui japri/inbox: FB “Hijrah Indonesia”
(b) mengirim screenshot tayangan ke email: joelehatroxellet@yahoo.com
(c) tayangkan foto dengan memberi mention ke twitter @hijrah_ke [Hijrah Indonesia]
(d) tayangkan foto dengan memberi mention ke instagram @hijrahofindonesia [Hijrah Indonesia]

[5] Jika akun Anda ialah akun untuk menyembunyikan identitas asli agar dapat berekspresi tanpa jilbab, sila memilih opsi (a) atau (b). Kami amat memahami kekhuatiran Anda yang belum dapat membuka jilbab Anda secara leluasa, oleh karena itu kami hanya akan menghubungi Anda bila Anda memenangkan sayembara ini.

[6] Tersedia hadiah menarik untuk 3 foto berikut caption yang paling menarik.

[7] Pengumuman pemenang pada 24 Maret 2020.

[8] Klaim hadiah disertai identitas pengenal untuk menunjukkan agama dan jenis kelamin/gender ybs dan menyatakan kesediaan bahwa foto berikut captionnya untuk dipublikasikan di akun FB, twitter dan instagram Hijrah Indonesia.

[9] Sayembara ini tertutup bagi seluruh admin, editor dan moderator dari Hijrah Indonesia, serta ibu, istri, saudari dan anak perempuan mereka.

Artikel Asli

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR