Lakukan 4 Hal ini Jika Ingin Meninggal Husnul Khotimah

Setiap ciptaan Allah memiliki batasan waktu, setiap manusia memiliki batas karena ajalnya sudah ditentukan. Ketika ajalnya sudah ditentukan maka tak akan ada yang mampu menghalanginya. Setia manusia tentu berharap akhir dari hidupnya berakhir dengan keadan baik atau husnul hotimah. Lalu apa saja tanda-tanda orang yang akhir hayatnya baik?

Dikutip dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam al-Hakim dari Sahabat Anas, Imam Suyuthi dalam kitab Syarah As-Shudur fi Hal al-Mauta wa al-Kubur:

عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذا أراد الله بعبد خيراً استعمله، قيل: كيف يستعمله؟ قال: يوفقه لعمل صالح قبل الموت. رواه الترمذي والحاكم
“Diriwayatkan dari sahabat Anas bahwasanya Nabi bersabda, ‘Ketika Allah menghendaki hambanya menjadi baik, maka Allah akan menuntunnya. Bagaimana Allah menuntunnya? lantas Nabi menjawab, Allah akan menuntunnya untuk berbuat hal-hal yang baik sebelum ia meninggal’.” (HR. Tirmidzi dan al-Hakim).
Imam al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa orang yang akhir hidupnya akan Allah permudah untuk bertaubat serta selalu melakukan amal kebaikan.
Penejkasan diatas juga dieprkuat oleh Ibnu al-Mulaqqin dalam Tabaqat al-Auliya’ yang mengutip pendapat ulama yang bernama Ma’ruf al-Karkhi mentatakan bahwa Allah akan menghendaki hamba yang menjadi lebih baik.
Allah juga akan membukakan pintu untuk senantiasa berbuat baik juga menutup sikap malas yang ada pada dirinya.




Imam al-Suyuthi yang dikutip dari sebagian ulama, ia menjelaskan bahwa ada 4 hal yang bisa membuat seseorang mengakhiri hidupnya dengan buruk.

  1. Meremhkan sholat
  2. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang memabukkan
  3. Menyakiti hati kedua orang tua
  4. Menyakiti hati sesama orang muslim
Oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga sikap agar tidak mudah menyakiti hati orang lain.
Serta menjalankan kewajiban selagi badan masih badan sehat, otak masih cermat serta uang masih segudang dan berlum terlilit hutang. [islami.co]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR