Mertua Selalu Menyalahkan Menantu, Begini Cara Menyikapinya

'Mertua Selalu Menyalahkan Menantu, Begini Cara Menyikapinya'

Sebagai perempuan yang paling ditakuti dalam keluarga, mertua kadang suka mengatur dan ikut campur urusan rumah tangga (anaknya).

Kadang, meski tidak tinggal satu rumah akan tetapi jika terjadi apa-apa langsung menyalahkan tanpa bertanya terlebih dahulu tentu rasanya sangat kesal dan marah.

Contoh kecilnya ketika anak jatuh dan cidera mertua gampang sekali menghakimi tanpa mendengar pendepat terlebih dahulu.

Meskipun tinggal diluar kota akan tetapi ketika main kerumah mertu selalu diajarai cara memasak akan tetapinya caranya salah dia seolah-olah menyudutkan anda.

Padahal sebenarnya bukn tidak tahu masak hanya saja cara memasaknya yang berbeda. Ketika disampiakan kepada suami, suami hanya meminta untuk memakluminya.

Merasa disalahkan secara terus-menerus tentu sangat wajar jika sebagai istri merasa sedih dengan kondisi memiliki mertua yang seperti ini.

Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa jadi akan berpengaruh pada sikap anda terhadap pasangan anda.

Nada harus menemukan cara menyikapi mertua yang demikian atau bisa jadi anda memilah perkataan atau perbuatan yang perlu anda dengarkan atau abaikan.

Terkait masalah anda selalu disalahkan serta anda merasa bego banget rasanya tak perlu merasa sakit hati toh hal tersebut bukanlah sebah kebenaran.

Seperti contoh ada orang yang mengatakan anda begok, solusinya bukan marah melainkan tanyakan kepada diri anda apakah anda begok, jika jawabannya tidak maka anggap saja hal itu sebagai angin lewat saja.

Maka berlaku pula untuk perkataan mertua anda, tanyakan kepada diri anda apakah sepenuhnya kesalahan anda? Atau anda sudah berusaha mengindari hal itu terjadi namun mertua anda masih protes.

Lakukan hal-hal sesuai langkah yang and abutuhkan serta lakukan yang terbaik namun jika masih kurang maka cukup jadikan sebagai pelajaran.

Jika anda terbiasa mengevaluasi serta terbiasa mengintopeksi diri maka anda akan terbiasa dapat memilih dan memilah perkataan orang lain sehingga anda bisa mengabaikan perkataan yang tidak sesuai dan hanya menyakiti anda.

Bahkan anda dengan tegas menyampaikan hal yang kurang berkenan pada orang yang bersangkutan.

Disatu sisi anda harus menyadari bahwa kelak anda juga akan menjadi seorang ibu dan setiap ibu itu pasti menginginkan yanga terbaik untuk anaknya.

Terlepas kita menyukai atau tidak namun itulah yang harus anda pahami. Sebab terkadang orang tuanya suka lupa bahwa anaknya sudah menikah dan memiliki aturan tersendiri dalam menentukan keputusan.

Yang ia ketahui hanya menambah anak dan melakukan segala sesautu dengan caranya yang telah ia ketahui selamanya hidupnya. Sama halnya seperti anda yang mengajarkan anak anda dengan cara yang anda ketahui.

Apapun kondisinya tetaplah jaga hubungan baik dengan mertua. Cobalah menjadi menantu idamanyang mengenai mertua tentang hal yang tidak disuka dan disukai.

Berusahalah untuk memenuhi kriteria yang ia butuhkan. Bahkan sesekalianda harus bertanya bagaimana caranya memasak yang sesuai dengan mertua.

Sebab pada padasarnya mertua adalah orang tua yang merasa senang ketika ada yang bertanya.

Meskipun menjalin hubungan dengan mertua tidaklah mudah bahkan ada hal-hal yang bertentangan dengan yang kita harapkan.

Maka selama anda berusaha memhami diri sendiri serta dengan memiliki kesepatakan bersama pasangan dalam segala hal maka anda sndiri pasti bisa menyikapi siutuasi tersebut, terima dan berusaha menegrti sebab andalah yang akan menjalani kehidupan rumah tanggamu ini. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR