Amalan Pelunas Hutang: Wirid dan Doa Paling Mustajab


Hutang tidak hanya berat tanggung jawabnya di akhirat, tapi juga membuat kita hina saat di dunia. Hutang juga tidak akan membuat kita tenang menjalani hari-hari kita.

Banyak yang mencari amalan pelunas hutang, mulai dari wirid hingga doa paling mustajab. Tapi tak jarang doa itu kurang tepat untuk diamalkan.

Menurut al-Habib Ali bin Husein al-Attas atau lebih dikenal dengan Habib Ali Bungur (ulama paling terkenal di Betawi) disebutkan oleh Al-Habib Ali bin Hasan Alathas, dalam karyanya yang berjudul Qirthos mengutip satu riwayat:

يروي ان من صلي ركعتين قبل طلوع الفجر‘يقراء في كل ركعة الفاتحه واية الكرسي ثلاث مرات والكافرون مرة والاخلاص ۱۱ مرة ثم يقول بعد الفراغ : سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم استغفرالله ۱۰۰ مرة‘قضي الله دينه ووسع عليه رزقه.
Dalam keterangan diatas disebutkan bahwa seseorang yang mengerjakan sholat dua raka’at sebelum terbit Fajar, maka hutangnya akan cepat lunas berkat bantu Allah dari arah yang tak disangka-sangka.

Setelah sholat dua rakaat sebelum Fajar juga dianjurkan untuk membaca amalan berikut ini:

Al-Fatihah
Ayat Kursi 3x
Surat al-Kafirun 1x
Surat al-Ikhlas 11 x
Jika sudah selesai membaca surah-surah diatas selanjut bacalah dzikir dibawah ini:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ أَسْتَغْفِرُ الله
Latin:

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adhim astagfirullah

Baca dzikir itu sebanyak 100 kali secara berulang-ulang, maka Allah akan melunasi hutang dan melapangkan rizki anda

Doa Ketika Membayar Hutang
Jika sudah punya uang segeralah lunas hutang anda dan bacalah doa berikut ini:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَ مَالِكَ وَ جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا
“Semoga Allah memberkahimu, keluargamu, dan hartamu. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”

Doa itu untuk mendoakan orang yang telah berbaik hati kepada anda karena telah memberi piutang dan sabar menunggu anda punya uang kembali.

Doa Untuk Melunasi Hutang
Doa ini agak panjang dan bisa anda amalkan juga agar cepat bisa melunasi hutang, baca dengan khusu’:

اللَّهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ, كَاشِفَ الْغَمِّ, مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ, رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَ الْأَخِرَةِ وَ رَحِيْمَهُمَا,أَنْتَ تَرْحَمُنِيْ فَارْحَمْنِيْ رَحْمَةً تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ. اللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَ قَهْرِ الرِّجَالِ.
“Ya Allah Dzat yang Maha Menghilangkan kesumpekan, Dzat yang Maha Mengungkap kesumpekan, Dzat yang Maha Mengabulkan doa orang yang terancam tertimpa bahaya, Dzat yang Maha Pengasih di dunia dan di akhirat, dan Dzat yang Maha Penyayang. Engkau menyayangiku, maka sayangilah aku dengan rahmatMu yang mana telah memberi kecukupan kepadaku dari rahmat selainMu.Ya Allah cukupkanlah aku dengan keagunganMu dari keharamanMu, cukupkanlah aku dengan keutamaanMu tanpa mengharap selainMu. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesumpekan dan kesedihan, aku berlindung kepadaMu dari kelemah dan rasa malas, aku berlindung kepadaMu dari kebodohan dan kebakhilan, aku berlindung kepadaMu dari banyaknya hutang dan kekerasan.”

Doa Untuk Membayar Hutang
Membayar hutang juga ada adanya, agar kita tidak terjerat lagi ke dalam perangkap utang piutan yang lebih parah lagi. Berikut doa selengkapnya:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ, وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَ قَهْرِ الرِّجَالِ
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari kesusahan dan kesedihan, aku berlindung kepadamu dari kelemahan dan rasa malas, aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, sifat bakhil, dan aku berlindung kepadamu dari banyaknya hutang dan paksaan (kekerasan) orang-orang

Doa ini dianjurkan oleh Nabi Mauhammad, berikut hadits selengkapnya:

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَأَى أَبَا أُمَامَةَ فَقَالَ لَهُ: مَالَكَ؟ فَقَالَ: هُمُوْمٌ لَزِمَتْنِيْ وَ دُيُوْنٌ, قَالَ: أَفَلاَ أُعَلِّمُكَ كَلاَماً إِذَا قُلْتَهُ أَذْهَبَ اللهُ عَنْكَ هَمَّكَ وَ قَضَى عَنْكَ دَيْنَكَ قُلْ, إِذَا أَصْبَحْتَ وَأَمْسَيْتَ: “اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ, وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَ قَهْرِ الرِّجَالِ” فَقُلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَ اللهُ هَمِّيْ وَ قَضَى عَنِّيْ دَيْنِيْ.
“Dari Abi Sa’id RA, sesungguhnya Nabi Saw melihat Abu Umamah dan berkata kepadanya: Ada apa denganmu? Abu Umamah berkata: Aku dipenuhi kesusahan dan hutang. Rasulullah berkata: Maukah kamu aku ajrkan bacaan yang mana jika kamu membacanya Allah akan menghilangkan kesedihanmu dan akan melunasi hutangmu, bacalah di pagi dan sore hari: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari kesusahan dan kesedihan, aku berlindung kepadamu dari kelemahan dan rasa malas, aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, sifat bakhil, dan aku berlindung kepadamu dari banyaknya hutang dan paksaan (kekerasan) orang-orang”, maka aku membacanya dan Allah menghilangkan rasa sumpekku dan melunasi hutangku.” [kiosdakwah.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR