Doa Meraih Keberkahan Nisfu Syaban

Saat ini umat Islam berada di hampir pertengahan bulan Syaban. Sebentar lagi, ada malam yang begitu dinantikan yaitu malam Nisfu Syaban.

Untuk tahun 1441H atau 2020M ini, Nisfu Syaban akan jatuh pada Rabu malam, 8 April hingga Kamis sore, 9 April. Perhitungannya, dimulai dari waktu Maghrib tanggal 8 April hingga masuk waktu Maghrib keesokan harinya.

Sejak dulu, umat Islam memanfaatkan waktu malam Nisfu Syaban untuk memperbanyak ibadah. Bisa dengan sholat sunah malam, membaca Alquran, dan lain sebagainya.

Malam Nisfu Syaban, Allah menebarkan kasih-Nya kepada seluruh makhluk di dunia. Serta mengampuni kesalahan semua hamba-Nya.

Untuk meraih keberkahan di malam Nisfu Syaban, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadis diriwayatkan dari 'Aisyah RA.
 Doa Malam Nisfu Syaban

Sajada laka khoyali wa sawadi wa manabika fuadi fahadzihi yadi wa ma janaitu biha 'ala nafsi ya adhimu yurja likulli 'adhimin ya 'adhimughfirudzanbal 'adzima sajada wajhi lilladzi kholaqohu wasyaqqo sam'ahu wabasharahu.

A'udzu bi'afwika min 'iqobika wa a'udzu biridlaka min sakhotika wa a'udzubika minka jalla wajhuka la ukhsiy tsanaan 'alaika anta kama atsnaita 'ala nafsika aqulu kama qola akhi dawudu, a'firu wajhi fit turabi lisayyidi wa haqqo lahu an yasjuda.

Allahummarzughni qolban naqiyyan minasy syirki naqiyyan la khafiyan wa syaqiyyan.

Artinya,

" Khayalan dan hatiku bersujud kepada Engkau, hatiku beriman dengan-Mu, maka inilah tangan yang saya pergunakan bertindak jinayah terhadap diriku sendiri. Duhai Dzat Maha Agung yang diharapkan untuk (mengampuni) dosa yang agung. Wahai Dzat Maha Agung, ampunilah dosa yang agung. Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakan serta merobek pendengaran dan matanya.

Saya memohon perlindungan dengan maaf-Mu dari siksaan-Mu. Saya berlindung dengan ridha-Mu dari kemarahan-Mu. Saya berlindung dengan-Mu, dari-Mu Maha agung Dzat-Mu. Saya tidak bisa menghitung pujian atas-Mu seperti Engkau memuji diri-Mu. Saya berkata seperti saudaraku Dawud berkata, “ Saya membenamkan wajahku dalam tanah demi Tuhanku dan memang ia berhak untuk bersujud.

Ya Allah, karuniakanlah kepadaku hati yang bersih dari syirik, bersih dari sifat cerewet (banyak bertanya), jangan jadikan aku celaka."

Niat Puasa Sunah Nisfu Syaban

Umur bulan Syaban sudah mendekati pertengahan. Tepat Maghrib hari ini, kita sudah berada di tanggal 13 Syaban 1441H.

Dua hari lagi, umur Syaban sudah 15 hari. Artinya, kita akan berada di tengah-tengah Syaban.

Hari yang terletak di pertengahan bulan dalam kalender Hijriah diyakini mengandung keberkahan. Terutama pada bulan Syaban yang dikenal dengan Nisfu Syaban yang artinya 'Setengah Syaban'.

Saat Nisfu Syaban, ada banyak keberkahan yang terkandung di dalamnya. Kita bisa meraih berkah tersebut dengan sejumlah amalan sunah.

Di antara sekian amalan, sangat dianjurkan melaksanakan puasa sunah selama tiga hari mulai 13 hingga 15 Syaban. Cara pelaksanaannya sama seperti pada umumnya.

Bedanya, puasa tersebut dihukumi sunah bukan wajib seperti Puasa Ramadan. Sehingga, niat untuk menjalankan puasa sunah Nisfu Syaban bisa dibaca di malam atau siang hari.



Niat Puasa Nisfu Syaban Malam Hari

Nawaitu shauma ghadin 'an adai sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa sunah Syaban besok karena Allah Ta'ala.'



Niat Puasa Nisfu Syaban Siang Hari


Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an adai sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa sunah Syaban hari ini karena Allah Ta'ala."

Artikel Asli

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR