4 Anjuran Islam Untuk Wanita yang Ingin Lancar Persalinannya



Allah menciptakan perempuan begitu istimewa terlebih lagi ketika menjadi seorang istri dan ibu. Di dalam Agama Islam disebutkan bahwa ibu hamil memiliki banyak keutamaan bahkan ketika seorang perempuan meninggal ketika sedang melahirkan maka matinya Insya Allah meninggal dalam keadaan mati syahid. Sebagaimana disebutkan didalam sebuah hadis

Dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW pernah menjenguk ketika Ubadah sakit, lalu disela-sela itu Rasulullah SAW bertanya: “Tahukah kalian, siapa orang yang mati syahid di kalangan umatku?”

Ubadah menjawab: ‘Ya Rasulullah, merekalah orang yang sabar yang selalu mengharap pahala dari musibahnya.’

Nabi Muhammad Mengarahkan, “Berarti orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan wanita yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad dalam musnadnya 15998. Dan dinilai Shahih li Ghairih oleh Syuaib Al-Arnauth).

Perempuan yang hendak melahirkan pasti merasa cemas, salah satu ketakutannya adalah kesiko hilang nyawa dan kesehatannya. Melalui proses persalinan yang lancar, ibu juga bayi juga sehat tentu menjadi harapan semua orang. Lalu bagaimana cara agar rasa cemas tidak menjadi kenyataan dan harapannya bisa terwujudkan.

Amalan Agar persalinan Lancar

1 Membaca Doa danSsurat-surat yang Dianjurkan
Sejak awal kehamilan disarankan untuk istiqomah berdoa apalagi keyika sudah mendekati persalinan. Surah yang dianjuran salah satunya al-Insĥiqāq atau surat ke 84 ayat 1-5, surah ini keutamannya adalah untuk kelancarakan persalinan. Ketika persalinan sudah dimulai, disarankan untuk membaca didalam hati, berikut ini bacaanya.

إِذَا السَّمَاء انشَقَّتْ ﴿١﴾

“Apabila langit terbelah”

وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ﴿٢﴾

“Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh”

وَإِذَا الْأَرْضُ مُدَّتْ﴿٣﴾

“Dan apabila bumi diratakan”

وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ ﴿٤﴾

“Dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong”

وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ ﴿٥﴾

“Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya).”

Selain itu dianjurkan juga untuk membaca Surah Maryam, Surah Yasin dan Ayat Kursi. Yang paling pentng adalah mendengarkan ayat suci Al-Qur,an sesering mungkin, harus sering beristighfar dan bermunajat kepada Allah SWT agar proses persalinanya lancar.

2 Mengkonsumsi Kurma
Salah satu buah yang dianjukrna untuk dikonsumsi sebelum persalinan adalah buah kurma. Terdapat banyak kisah-kisah Islami yang menyebutkan manfaat dari mengkonsumsi kurma tersebut ketika hendak persalinan. Salah satunya yaitu kisah persalinan maryam,ibu Nabi Isa as.

Mengkonsumsi buah secara ilmiah pun terbukti bisa melancarkan persalinan sebab kandungan dan mineralnya yang baik. Manfaat lainnya, ketika ibu hamil mengkonsumsi kurma maka akan menambah tenaga.

3 Bersabar dan Berpikiran Positif
Miliki pikiran positif, karena Allah senantias amenganjurkan kita untuk tetap bersabar dalam menghadapi apapun kondisinya. Mengandung dan melahirkan merupakan ujian bagi wanita juga keluarganya. Maka, ketika seorang ibu akan menghadapi proses persalinan dianjurkan untuk selalu bersabar dan berfikir positif, juga tidak lupa meminta dukungan dan meminta doa kepada orang terdekat.

Dilansir dari Al-Islam, beberapa anjuran Agar Memperlancar dan Mempercepat Persalinan Menurut Islam

[a]. Minum Ramuan Kunyit
Hendaknya meminum ramuan kunyi menjelang persalinan untuk meringankan rasa sakit.
[b]. Mandi Air Hangat
Ketika ibu hamil merasa sakit ketika persalinan akan dimulai dinajurkan untuk menadi air hangat.
[c]. Berlatih Pernapasa
Cara berlatih pernapasan salah satunya napas dengan mulut terbuka.
[d]. Konsumsi Makanan Dengan Gizi dan Energi Tinggi
Jangan konsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dan jauhi makanan yang menyebabkan sembelit, serta konsumsi makanan dengan gizi juga energi tinggi.
[e]. Gunakan Baju Berbahan Nilon
Hal ini karena bahan nilon bisa mencegah sinar matahari mencapai tubuh.Karena bisa membahayakan ibu kekurangan dari Vitamin D dan B yang bisa menjadikan persalinan akan lebih sulit.
[f]. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik
[g]. Melakukan olahraga maupun latihan yang disarankan juga membantu mengurangi nyeri persalinan.

Demikianlah beberapa hal yang disarankan untuk ibu hamil demi kelancaran persalinan. [islampos.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR